Wednesday, October 22, 2014

#30. - dan sekian hari-hari lainnya yang mulai tak bisa terhitung.

Sebulan. Genap. Dan bahkan saat saya menulis ini, sudah lebih. Dan beasiswa pun belum turun-turun. Dan lagi-lagi terasa enggan menuliskan securah diary setiap hari dalam basa inggeris.

Tapi diary harus tetep di update. Hal ini bisa sangat membantu saya untuk merecall apa yang selama ini udah terjadi disini.



18 Oktober 2014.

Hari itu dijadwalkan untuk pergi ke Nara melakukan BBQ Penyambutan warga baru di Osaka-Nara. Acara berlangsung di NAIST (Nara Institute Sains & Technology). Perjalanan berawal dari jam setengah 9 berangkat dari dorm dengan Indonesian lain ke Minamisenri untuk bertemu dengan Indonesian lainnya. Dengan kereta, dan ditambah dengan jalan kaki kayaknya kita baru sampe di tempat acara jam 11. Tempat ini bisa dibilang cukup jauh, dan cukup memakan biaya. Tapi apalah arti biaya kalau udah sampe sini bisa semacam All You Can Eat (dan all you can cook by yourself).







Partisipan acara mencapai 100 orang lebih. Ramai, dan semuanya orang Indonesia. Hore! Setelah sampai disini entah kenapa masih selalu sempet ngomong pakai bahasa Indonesia. Nggak setiap kali ngomong pakai bahasa Inggris atau butuh ngomong pakai bahasa Jepang. Itusih emang saya aja yang menghindari ngobrol pake bahasa Inggris/Jepang. Hahahaha. 

Pulangnya saya tertinggal (atau ditinggal?) rombongan anak-anak dorm. Akhirnya saya ikut rombongan lain. Yang langsung pulang ke Suita. Eh tapi ternyata ada rombongan lain yang pulangnya mampir dulu jalan-jalan di Nara. Saya gagal mampir jalan-jalan. Ah, sudahlah. Cukup tau dulu aja Nara seberapa jauh.



19 Oktober 2014.

Paginya saya janjian mau ke Koenhigasiguchi sama Mas Dhana dan Mas Heru. Katanya bisa hunting barang gratis dan sepeda murah. Tapi gagal dapet sepeda, sistemnya ada sepeda dengan harga murah, kita masukin nama, trus entar diundi siapa yang bisa dapat sepeda dengan harga yang murah itu.

Sembari itu, ternyata hari itu ada event Kuru-kuru Bazaar. Jadi teringat sunmor di Jogja. Banyak barang lucu-lucu dan terjangkau. Akhirnya saya kalap beli tas baju coat aksesoris dan gantungan kunci karakter. Habis 1000 yen-an. 1000 yen harusnya uang jajan saya dalam sehari untuk makan transport dan lain-lain. Tapi karena ini event sebulan sekali yaudah ikhlas aja lah, lagian juga jackpot bisa dapet banyak barang juga.

Kami naik sepeda kesana. Pertama kalinya saya naik sepeda di Osaka ini. Sepedanya boleh minjem dari Mas Ajir karena dia nggak ikut. Ternyata naik sepeda melelahkan, terlalu banyak uphill! Saya merasa renta, karena sulitnya menggoes sepeda di jalanan berbukit disini. Padahal saya sudah sering lihat orang-orang Jepang naik sepeda dengan track yang sama dengan yang saya lewati, tapi mereka nggak tampak kesusahan, kelelahan ataupun keberatan. Bahkan disini pun banyak ibu-ibu yang memodif sepedanya jadi bisa bonceng 2 anaknya, di depan dan di belakang. Dan ibu-ibu (semuanya kurus) menggowes sepeda menaiki bukit dengan 2 anak naik turun bukit Suita. Subhanallah, nggak bisa di-underestimate memang ibu-ibu kurus di Jepang ini, tangguhnya nggak main-main.

Jam 1 harusnya saya ikut latihan Angklung & Saman, tapi jam 1 baru balik dari Kuru-kuru Bazar. Ditambah naik sepeda, ditambah mampir dulu beli takoyaki, ditambah istirahat bentar di kamar, akhirnya saya baru sampe latian jam 3 kurang. Sebenernya kalau dipikir2 ikut latihan berarti mengurangi jatah weekend untuk jalan-jalan, atau untuk meluangkan waktu bareng host-family saya. Semacam 6 bulan disini sayang banget kalo nggak jalan-jalan. Sampe saya bingung ini harusnya nabung untuk belanja atau jalan-jalan atau beli gadget atau ganti laptop. 

Baliknya, saya mampir Uniqlo. Terbawa konsumtif hari ini. Lagian saya sih udah ngitung saya masih bakal punya sisa berapa uang bulan ini. Tak tanggung-tanggung harusnya saya cuma bisa beli jaket, karena ada promo jadi saya beli 2 baju juga. Ya ampun, penyesalan datangnya belakangan. Sampe ngeri kalo nggak cukup uangnya sampe beasiswa turun. Hahahahha, tapi worth-it lah. Secara kalo di Indonesia mau beli Uniqlo di mall ya mikir-mikirlah. Tapi di Jepang Uniqlo jadi semacam Ramayana doang. Yang paling affordable diantara brand apapun lainnya. Akhirnya saya habis 3500 yen. Kalap fix.








20 Oktober 2014

Harusnya di jadwalkan ada OUSSEP Assembly, tapi karena saya tanya temen-temen sedorm yang selantai pada nggak dateng akhirnya saya ikut-ikutan mager juga. Tapi akhirnya saya pun harus tetep ke kampus jam 3 karena ada 1 matkul. Dan hari itu hujan nggak henti-henti dari berangkat sampai pulang. Sampai akhirnya malem saya harus keluar beli alat maket di Hyakuen Shop masih tetep hujan.

Malamnya saya begadang. Karena Selasa ada PR bikin progress Design Exercise dan harus sampe buat maket. Gimana buat maket desain aja belom mulai ngerjain. Yaudah yang penting bahannya ada dulu. Dan akhirnya saya membuat rekor begadang pertama di Jepang, sambil tracing desain yang udah saya kerjain dari laptop (katanya harus freehand). Tapi udah keburu jam 6 pagi, dan paginya ada hiragana test. Saya tidur sejam. Trus buru-buru mandi.



21 Oktober 2014

Habis mandi jalan kaki sempoyongan ke Suita kampus buat naik shuttle bis ke Toyonaka. Giliks, ngantuk parah! Dan udah ngafalin hiragana dikirain masuk-masuk langsung test, ternyata masih harus belajar dulu. Udah ngantuk, ditambah masuklah hal-hal baru yang saya rasa cukup membuyarkan ingatan saya buat hiragana test. Kayanya sih ada beberapa yang salah. Duh, sial rasanya.

Balik-balik ke Suita campus saya dapat kesempatan duduk di bus dan kayaknya saya tidur deh. Sampai di Suita saya memastikan nanya ke temen sekelas saya hari ini di studio bakal ngapain, penting nggak bikin maket, dan dia jawab iya kita terpaksa harus bikin maket hari ini. Tada! Saya belum buat, selain saya cuma punya denah dan potongan doang.

Akhirnya saya makan di kantin, karena terlalu stress. Dan memutuskan untuk beli kopi. Karena saya nggak yakin saya bisa bertahan di studio, apalagi harus buat maket dulu. Setelah makan saya baru ingat saya nggak punya bahan karton buat bikin maket, untungnya di conbini deket kantin jual bahan maket, semacam karton empuk sterofom padet yang alhamdulillah harganya 108 yen aja (dikirain bakal 500 yen-an).

Duduklah saya di meja taman, yang saat saya dateng belom begitu rame, tapi ditengah-tengah saya ngerjain tau-tau sekeliling saya penuh sama orang-orang istirahat yang lagi makan. Dan saya lagi maketan, sendiri, mengokupansi satu meja yang harusnya bisa buat 6 orang. Dan kayaknya sih diliatin orang-orang. Tapi yaudah mereka ngeliatin juga nggak bakal bantuin saya ngerjain juga. Maket harus selesai jam 1! Ini mulai aja udah jam 12.

Alhamdulillah, bahan maket enak buat dicutter dan transparan buat nyeplak denah yang saya bikin sebelumnya. Cutter sana sini, ngukur, ngelem. Nggak nyangka selesainya jam setengah 1. Langsung buru-buru ke studio. Saya udah sadar kalo studio disini fleksibel mulainya dan selesainya. Makannya saya rasa saya butuh banget kopi, mengingat seminggu sebelum ini jam 6 studio baru kelar kayaknya saya harus bertahan sampai malem sampai bisa balik ke dorm tanpa pingsan di jalan. Intinya sebenernya kita cuma ngantri buat asistensiin desain kita ke Sensei. Dan saya menunggu giliran cukup lama, sampai jam 5 baru kelar. Dan makan lagi di kantin, saking stressnya hal yang bisa membahagiakan saya cuma makan.




Balik-balik ke dorm saya udah berencana mau tidur. Tapi gagal. Efek kopi masi terasa terlalu kuat. Sampai saya sadar saya harus melakukan banyak aktivitas yang udah lama saya tunda-tunda.

Akhirnya saya baru bisa tidur jam 11. Apa-apaan banget ya. Akhirnya saya bangun terlambat keesokannya.



22 Oktober 2014

Kayaknya setiap pagi teman saya selalu gedor pintu kamar saya buat ngajak berangkat bareng, tapi magic did the cruel thing so I didn't hear it. Dia sampe nyeritain 'I've knocked so hard, didn't you hear it? Even the person next to your room thought I was looking for her'. Saya antara kasian tapi ya gimana nggak denger. 

Hari Rabu, seharusnya selalu ada Labo Meeting buat bahas progress. Tapi saya bangun telat. Dan terlalu enggan buat ke kampus karena saya belum ada progress apa-apa. Sedih. Malu. Dan saya memutuskan untuk bener-bener ngerjain progress di rumah aja sampe besok mungkin saya baru ke lab lagi.

Bisa dihitung ke lab baru beberapa kali doang. Kenapa ini terjadi pada saya? Saya bingung harus ngapain buat independent studinya. Bahan googling dikit banget yang muncul. Harusnya saya nanya aja sih, tapi seenggaknya saya harus udah buat PPT introduction buat case riset saya, yang baru saya mau mulai bikin hari ini (udah ada dikit minggu lalu, tinggal nambahin harusnya).

Hari-hari di sini terlalu overwhelming, rasanya 24 jam kurang deh. Udah mikir setiap hari seenggaknya harus jalan kaki 1,5 jam ke dan dari kampus. Masak, nyuci nyetrika. Lama bener persiapannya. Ditambah dengan jadwal kuliah non Arsi, bahasa Jepang 3x seminggu, studio, kelas arsi, dan 2 kelas lainnya yang berbasis ilmu sosial (karena nggak ada pilihan lain). 

Tapi saya udah janji untuk membuat hari-hari di Jepang menyenangkan. Kayaknya saya butuh banyak quote-quote motivasi deh. 









xx.
Yasso



No comments:

Post a Comment