Monday, February 23, 2015

And at last, I never updated my blog again since the very laaaaast time I wrote things in here. My memory is fading up with lots of upcoming stories so before I regret that I never shared any of my experiences here, I am going to spoil up some stories about my trip just before I return to my home country soon.
Starting from 11 February, when my friend from Tokyo, Yaya came to Osaka (twice). She planned to explore Kansai more, but I only had few chances to go with her since my budget was prepared for the trip. Together, we went to places that I've never been visited in Osaka (cos I just refused to go to places I've been visited hahaha). We went to southern part of Osaka at the first day.

FEB 11.
Sayamaike Museum. Tadao Ando. 2001.



Chikatsu Azuka Museum. Tadao Ando. 1994.




Left early from my dorm we go to Osakasayamashi Station to reach Sayamaike Museum. To get there you just need to walk few minutes to find the museum. It's free from admission to enter, yet since we met a museum volunteer and told him we are architecture student and fans of Tadao Ando, he gave us a tour walking around the museum.

After that we go from Osakasayamashi Station to Kishi Station to get to Chikatsu Azuka Museum. From the station we need to go there by bus, the bus is going to Hannan Neopolis by Kongo Bus (260 yen one way). To enter the exhibition you need to pay, but you don't need that to stroll around the building if you only need to enjoy the building itself especially the exterior. Different from Sayamaike museum which located within a residential area, this museum was like drifted in a forest hill. 


FEB 12 - 13 - 14 - 15.





Berpisah sama Yayak karena dia ke Awaji sendiri dan bakal ke Kyoto. Saya ga kemana-mana selain pergi ke perpisahan bareng anak-anak Sangbud PPI dan berakhir nginep bareng di tempat Mega. Sampe akhirnya tanggal 14 bareng Yayak lagi ke rumah Host Family saya buat perpisahan sama keluarga Okaasan & Otousan. Kami masak-masak Nabe. Kayaknya banyak banget yang belom saya ceritain ke Okaasan, termasuk tentang Indra sehingga kayaknya Okaasan kaget saya punya pacar temen sekelas yang udah berlangsung 4 tahun hahaha. Dan Otousan bilang mau anter ke bandara ya ampun bersyukur banget dalem momen2 penghematan gini (oportunis nyahaha)

Tanggal 15-nya full sepagian jalan kaki ampe gempor di sekitaran Suita - Ibaraki. Saya & Yayak pergi ke Banpaku Kinen Koen, karena ada bazar terakhir! Dan Yayak mau liat totem Tower of the sun. Saya berniat nyari oleh-oleh gantungan kunci, tapi nggak dapet jadi nyari tas buat bawa barang balik ke Indonesia. Dari situ niatnya ke Number House yang belom pernah didatengin, tapi kayaknya waktunya gak sempet, sehingga langsung jalan ke Ibaraki Kasugaoka Church alias Church of The Light, Tadao Ando. Habis itu jalan pulang melewati kampus Osaka Univ agar bisa mampir ke Daiso di Kita Senri belanja Oreo Matcha.



Balik-balik kayaknya kemaleman, padahal malemnya harus berangkat ke bandara menuju Hokkaido dan mampir makan Okonomiyaki dulu di Namba. 



Di KIX Kansai Airport lounge terminal 1, kita bisa nginep bermalam karna penerbangan yang terlalu pagi/malem sehingga ga bisa ngejar kereta. Tapi ternyata tergantung juga bisa dapet tempat PW atau nggak.. Karena kursi panjang 4 orang dipake 1 orang buat tidur selonjoran, terutama tempat yang deket colokan selalu udah ramai meski baru jam 11-an. Sebenernya juga ada jasa peminjaman selimut di information center-nya, tapi karena limited jadi siapa cepat dia dapat deh.






FEB 16.
FLIGHT terpagi naik Jetstar menuju CTS, Chitose, Hokkaido. Dapet tiket PP 11K yen udah PP sama udah termasuk biaya pembayaran via konbini Family Mart. Harga tiket udah termasuk biaya-biaya pajak airport dll sehingga kita udah gak perlu nambah ngeluarin biaya macem-macem di bandara. Saking mau berhemat kita juga masak bekel dari malemnya buat sarapan di Hokkaido. Ini budget trip terparah, karena baru nyadar kalo Hokkaido punya spot-spot menyebar yang jauh-jauh sehingga biaya transport perlu jadi pertimbangan.

Dateng-dateng ke bandara langsung caw nyari kereta menuju Zenibaki Station. Rencana hari pertama ini adalah SKI ke sebuah tempat bernama Snow Cruise ONZE. Udah excited-excited pengen SKI pertama kalinya, ternyata sampe sana zonk! KARENA SKI SUSAAAAH. Ngelandang-nggelundung berkali-kali. Sampe atas, ternyata turunnya gabisa meluncur dan malah jalan kaki, Itu sedih.,,,,






Itinerary SKI di Onze:
1410 Yen - New Chitose Station - Zenibako Station (tunggu shuttle bus ke Onze gratis)
7800 Yen - Paket SKI 4 jam (termasuk sewa alat, kostum dan lift plus makan 1x) kalo yg paket one day pass 9800 yen
200 Yen - sharing sewa loker berdua (1 loker ukurang sedang 400 Yen, masukin 500 Y kembali 100 Y)
Biaya balik ke Sapporo Station naik shuttle bus juga ke stasiun terdekat habis 260 Yen.


FEB 17.
Hari kedua, dan hari terakhir saya. Berbekal cerita Mas Tengku yang beberapa hari sebelumnya ke Hokkaido juga, spot perjalanan selanjutnya adalah BIEI. Ini ribet gitu, dan kesiangan jadinya lama di jalan. Sehingga kalo mau ke BIEI menindingan dari pagi buta berangkat dari Sapporo.

Rute saya ke Biei yaitu naik Chuo Bis PP dari Sapporo terminal di deket Sapporo Eki, perjalanan menuju Asahikawa Station memakan waktu 2,5 jam, udah berasa Jakarta Bandung kan! Terus masih nyambung dari Asahikawa Station ke Biei Station sekitar 40 menitan kalo nggak salah. Sayangnya, jadwal kereta disini gak selalu dateng tiap 10 menit sekali kaya di Osaka/Tokyo, sehingga kalo kita miss jadwal-nya dikit aja nunggunya mesti 30 menit sendiri minimal. Dan keretanya pun ga bisa dibayangkan punya banyak gerbong, ini gerbong cuma ada 1 coba...... Duh gagal paham deh ke Hokkaido dengan ekspektasi standar yang sama kaya Osaka. Pantesan selalu diceritain orang-orang ke Hokkaido lebih banyak yang sewa mobil, dibanding pergi pakai bis/kereta soalnya emang jarak antara kota satu dan lainnya tuh lumayan waktu dan ongkosnya.

Akhirnya sampe di BIEI udah siang menjelang sore dan cuma punya waktu 1,5 jam biar tetep bisa ngejar kereta saya menuju airport malem itu. Sampe Biei langsung menuju tourist information center, nanya gimana biar bisa kemana-mana. Kepepet, udah ga ada pilihan lain, selain ditawarin naik taksi buat paket sejam menikmati Patchwork Road. Pas ada 2 orang lain yang juga mau share taksi paket, jadinya 1 orang bayar 1585 yen. 

Pas tur itu, kita dibawa keliling ngeliat Ken & Marry, Seven Star, Parent and Child, dan Mild Seven. Sebenernya semuanya worth it banget naik taksi, secara kalo jalan kaki itu jarak satu spot ke spot lainnya juga jauh jauh kalo waktunya mepet. Itu aja udah dikorbanin nggak ngeliat Blue Pond karena nggak sempet waktunya T__T








Itinerary BIEI:
3.605 yen PP Chuo Bus Sapporo - Asahikawa
540 yen Asahikawa Station - Biei Station
1.585 tur Taksi Patchwork Road 1 jam
640 yen bus balik Biei Station ke Asahikawa Station

Nggak sangghup liat biaya yang meledak di Hokkaido, tapi emang kenyataan karena saya nggak menyadari kalo biaya paling waw di sini habis buat transportnya doang hahaha. Akhirnya gagal nyari spot yang diiming-imingin Mas Tengku soalnya itu view Biei yang pecah banget kayaknya ke arah Blue Pond deh. Intinya, banyak nanya temen yang udah pernah ato petugas turis info, banyak browsing persiapan-persiapan sebelum berangkat! 

Baliknya saya naik Jetstar balik ke KIX. Btw, saya jadi menyadari kalo bandara KIX itu jelek. Meski karya Renzo Piano itu bandara paling nggak berkesan .__. Nggak suka tata plan denah yang membingungkan, dan service area di denah yang juga membingungkan, entahlah.

Dan balik-balik Wita udah nunggu saya di Burger King Aeroplaza buat nunggu penerbangan besok paginya ke Seoul!



FEB 18.
NAH! Ini berasa banget saya trip non-stop 2 hari di Hokkaido, udah balik ke Kansai, eh paginya udah terbang lagi ke Seoul, gokil! Berasa sok sibuk banget, tapi emang cape. Hahaha. Naik Peach ke Korea dapet harga PP 9.800 yen. Ini sih udah lumayan banget. Dan cuma prepare 20.000 yen selama disana! Artinya perjalanan ini cuma disponsori uang 3jutaa-an udah bisa ke Seoul 5 hari. Total pengeluaran liburan ini emang bikin bokek! Tapi, pengalaman jelas cuma terjadi sekali seumur hidup kesempatan yang kayaknya nggak mungkin terulang 2 kali, ya nggak?

Sampe Seoul, saya baru berkabar sama Noya, temen Arsi yang ternyata baru dateng ke Korea buat sekolah bahasa demi Master. Belok haluan, demi menghemat biaya nginep, saya ditawarin buat stay bareng dia tapi berarti pisah sama Wita yang milih di Hostel aja. Yaudah, mumpung juga ada temen disini, kan lebih rame jalan-jalannya. 

Udah cukup bandingin KIX sama CTS, sekarang ICN, punya bandara yang lebih wow. Membuat KIX image-nya semakin memuakkan, tapi dari situlah semua penerbangan murah kemana-mana berawal dan emang udah paling aksesibel semua-muanya dari Osaka. Tetep bersyukur dengan adanya KIX hahaha.

Habis itu, setelah saya sampe tempat Noya, janjian pergi sama Wita sama Noya bareng ke daerah Palaca quarter. Gyongbokgung Palace, daerah Gwanghamun adanya patung King Sejong, trus muter daerah Bukchon Hanok, lanjut ke Insadong, Dongdaemun, Cyongyechon dan Myongdong. Isinya hari itu lebih ke nyobain jajanan-jajanan Korea. Paling favorit emang Ttokpoki! Sambel-nya kayak jajanan anak SD Indonesia, setelah di Jepang gak pernah kerasa jajanan pedes kayak gitu itu Tokpoki rasanya pengen saya borong segerobak-gerobaknya!





FEB 19.
Lanjut bertiga pergi ke Namisom. Janjian dari pagi buta biar bisa lama di sana-nya karena harus ke Nami Island dan Petite France. Itu intinya sih pergi ke tempat syuting kan -_- Winter Sonata yang sebenernya saya aja gak nonton filmnya. Tapi Nami Island emang terkenal parah sih terutama buat orang Indonesia gini ya. Malah orang Korea asli gak terlalu tertarik sama Nami Island. Buat pergi ke Nami naik kereta ke arah Gappyong Station dan naik bus one day pass yang nganterin ke Nami & Petit France seharga 5000 Won.

Masuk Nami 8000 Won, termasuk biaya naik Feri nyebrang pulau. Untung dateng disitu pagi banget, masih lumayan sepi, dibanding kesiangannya yang ruaaaame parah. Padahal itu masih weekday, kayaknya namanya tempat wisata gak ngaruh ya weekday atau weekend. Eh tapi BTW itu sih emang hari libur-nya Lunar New Year! Jadi emang orang Korea asli banyak juga yang pergi ke Nami ini kebanyakan keluarga gitu.

Berangkat dari Nami, naik bis yang sama menuju Petite France. Itu juga lokasi syuting (yang saya juga gak tonton dramanya, You who come from the stars (?)) Bis dari Nami kesini lokasinya semacem mbelah pesisir gunung! Pusing kalo kaga tidur..... Trus di Petite France, impresinya gitu aja. Banyak museumnya sih, tapi lokasinya gitu-gitu aja. Kurang menarik emang, dan tempatnya gak gede-gede amat tapi rame banget sama orang-orang. Susah mau poto yang asik, tsaaaah.

Harus balik sore karena Wita ngejar KTX ke Busan, karena hari libur itu, tiket kereta ke luar kota katanya susah, sampe sampe dia gak dapet seat dan akhirnya berdiri dah. Noya kayaknya udah capek, sehingga saya lanjut solo exploring. Kurang riset daerah Seoul secara mendalam, untung punya buku explore Seoul gitu jadi dikasi tau banyak info tentang area-area di Seoul. Btw, biaya transport di Seoul murah bangeeeeeeet kalo dibanding Jepang ya.. Yang bikin mahal harga jajan-nya saya disini aja, sama nyari makanan nggak bisa dapet yang murah-murah banget, standar 6.000an sekali makan normal layak.

Masih ada waktu saya pergi ke Dongdaemun, yang ternyata baru tau disitu ada DDP, yang didesain Zaha Hadid! Baru tau parah, terus girang banget nyampe-nyampe. Menghabiskan sore sampe malem disini lanjut menyusuri Cheongyeocheon (wtf susah nulis dan nginget nama kalinya). Sampe akhirnya nemu KTO, tempat ngenet, buat nyari tempat makan dinner sendiri. 

Wawasan saya tentang kuliner halal di Seoul terbatas banget. Mentok mentok disaranin ke Loteria atau McD dan KFC menu fish-fish gitu atau sekalian Indian/Turkish restaurant. Tapiiiii udah jauh-jauh ke Korea makanan gituan rasanya kurrrang bro! Pengen yang lebih korea, atau yang lebih unik tapi juga gak mahal-mahal amat, terjangkau akhirnya pilihan makanan milih ke Yoogane berkat blog ukhti-ukhti yang bahas makanan halal di Korea! Itupun, alamatnya saya tanyain ke petugas di KTO hahahaha gak mau susah.. Ternyata lokasinya di Myeongdong, 2x deh udah kesini. Sebenernya kalo mau murah banget neken budget makan bisa banget! Beli instant noodle cup atau makan onigiri itu nggak sampe 1.500 won.. Kalo makan emang nyiapin minimal 6.000 won udah 4x lipat gak sih,



FEB 20.
Hari ini tanpa Wita, yang lagi pergi ke Busan nemuin temennya, saya & Noya trip ke Univ-univ. Terlihat gak asik kedengarannya, tapi ini termasuk yang dipromosiin di buku eksplor Seoul itu dan kayaknya emang asik aja trip univ. Berawal dari nyari univ-nya Noya disini, gak ketemu sampe akhirnya nyampenya malah ke Hongik University duluan. Hari itu harinya anak-anak wisuda, di semua univ yang kita datengin semua ada orang yang lagi poto-poto wisuda. Tapi beda banget sama wisuda di Indonesia, sepi.... Nggak heboh nggak hebring baik kostum maupun yang dateng. 

Dari Hongdae, menuju Yonsei Univ, sampe Ewha Womans Univ. Di daerah Hongdae menuju Yonsei, kita makan dulu di sebuah resto lokal dan mesen Chigae yang seafood, itu soup tahu sih intinya. Harga 1 orang 6.500 Won, tapi harus mesen berdua. Udah satu paket sama nasi, dan kimchi yang enak banget karena rasa bumbunya kayak rujak. Kayaknya itu Kimchi terenak yang pernah saya tau, karena kalo Kimchi di indonesia nggak suka banget rasanya malah nggak doyan eh disini malah kayak mau nambah terus. Btw jajan di sekitara Ewha Womans Univ banyak banget kan toko kosmetik, eh malah nemu promo masker Faceshop, 10.000 Won dapet masket 15 biji! Udah gak pake mikir rasanya cuma pengen beli. Variannya bisa dicampur-campur juga, tapi bonus 5 biji cuma yang Shea Butter doang, ya udah lumayan juga. Termasuk soft lens, 15.000 Won Noya doang yang beli udh buat mata minus pemakanan 2 bulan dapet 2 pasang gratis air soft lens-nya. Itu udah lumayan banget gak sih? Edan mirip sama X2-nya Indonesia. Udah gak usah pake mikir kalo ke Korea buat hunting kosmetik ala-ala Etude, Faceshop atopun Nature Republic, harga udah jelas beda jauh sama di Indonesia. Hahahaha.

Habis itu kita menuju City Hall, karena liat ada bangunan yang unik disitu dari Archdaily. Lanjut ke Cheongyocheon lagi... ke KTO lagi, karena bisa nyobain Hanbok for free! Itu aja udah mau tutup tapi saya mohon-mohon karena cuma pengen nyoba, sebentar doang akhirnya dikasi kesempatan juga. 

Malemnya kita belom kelar tur Univ karena belom nemu SNU Seoul National Univ. Sempet salah jalan karena kita pergi ke Seoul National Univ of Education, ternyata SNU lokasinya udah kayak remote dan isolated gitu, dibalik bukit dan lumayan jauh dari stasiunnya kalo jalan kaki! (kita udah nyoba! mending naik bus). Tapi di SNU ada bangunan yang didesain OMA, tapi juga udah malem dan horrrrror tempatnya sepi gitu dan cuma ada univ doang, macem Unpad Jatinangor dah hahaha. Akhirnya baliknya kita naik bus, tapi busnya nyampe ke stasiun yang lebih deket dari tempat Noya, jadilah agak lebih jauh di bis, malah bisa tidor :P



FEB 21.
Noya kecapean. Wita udah pulang dan saya memutuskan untuk nginep bareng dia di hostel barang semalem doang, biar bareng... Pamit sama Noya, menuju hostel yang udah dibooking jauh-jauh hari. Sebenernya pas booking itu foto-foto nya bagus dan lucu jadi kepengen, dan emang murah dengan lokasi yang strategis parah gitu! Mungkin bukan hostel banget ya, namanya sih Nanu Guesthouse, lokasinya deket banget sama Hongik University Station, daerah Hongdae yang asik daerah-daerah mahasiswa gitu kaan. Ternyata kemaren itu sebenernya lewat sih pas jalan sama Noya ke Hongdae, tapi nggak nyadar hehe. Nanu Guesthouse ada di lantai 5, itu semacam flat yang kamar-kamarnya disewain. Tapi emang murah parah sih, 1 malam dikasih harga 12.000 Won. Sebagai tempat tinggal yang cuma butuh tempat tidur dan tempat mandi itu udah asik parah buat kantong :D

Pagi nitip tas, belom check in. Karena tempatnya woles, saya cuma ngeline pemiliknya, bilang mau check in, di telpon via line, cuma dibilang 'yaudah selimut sama bantal ada di loker, kalo besok check out uangnya ditaruh di loker aja'. Saya mikir, ini kalo saya nggak bilang mau nginep kayaknya juga gak ketauan deh bareng si Wita, pas juga emang lagi sepi dari tamu lainnya. Satu kamar dorm 4 orang cuma dipake berdua, apalagi pas saya belum disana, itu Wita make kamar berasa sendiri asik parah lah.

Paginya langsung pergi ke Seoul Stadion yang dipake buat World Cup 2002. Tiket masuk 1.000 Won saja. Lanjut dari situ kita ke daerah Itaewon, karena saya mau liat Masjid di Korea. Hari itu seharian ujan! Agak ribet mau jalan kemana-mananya, dan dingin, dan becek dan payung kita cuma satu berdua. Nah, saya kan browsing mau makan Korea yang halal-nya terjamin, ada info yang merekomendasikan makan di Murree Restaurant daerah Itaewon buat makan korea halal, tapi yang bikin nyesek adalah harganya! Aduh rasanya kayak makan sop iga juga, seharga sama biaya nginep hostel semalem coba, 12.000 Won.... Saya sih kurang merekomendasikan, meski ya berkah banget kan niatnya nyari makanan korea halal.. Tapi kalo harganya segitu lah udah bisa dapet 12 onigiri sendiri.. 

Lalu, setelah dari situ kita pergi ke Namsan Seoul Tower. Naik Shuttle Bus langsung ke Namsan Seoul Tower area nunggu dari Exit 5 Statsiun Myeongdong, itu info pokoknya udah lengkap ada panduannya dari buku Explore Seoul itu (bisa didapatkan di Ariport/turis info center tuh bukunya wkwkw). Soalnya biasaya orang direkomendasiin naik Ropeway kan, itu aja biaya PP-nya mungkin udah 9.000 won sendiri, lumayan kan. Hehehe. Nah di Namsan sebenernya bisa naik juga ke observation deck, tapi sumpe itu suasana sebenernya horor berkabut karena hujan sepanjang hari. Kita pikir kalo naik tower ya yang diliat kabut doang kan, lagian masih bisa menikmati suasana kota di bawah meski ga naik ke observation tower. Nah itu terkenal kan sama gembok cinta, si Wita sampe beli dan membuat dirinya semainstream orang-orang yang gembok-gembokan disana gitu hahaha. Saya nggak beli, malah bilang mau nitip nulis nama di gemboknya, hwakakak kocak tapi ya nggak ampe gitu juga akhirnya..

Balik-balik masih berkabut dan hujan, tujuan selanjutnya sebenernya nyari Hanggang River, ke arah Banpo Bridge. Gara-gara ngikutin Google Maps bukannya buku panduan, kita malah disuruh pergi ke sebuah stasiun yang entah berantah, ya emang deket sama sungainya, tapi jelas itu bukan akses pertamanya..... gagal deh. Mana masih ujan, udah malem, sepi tempatnya juga. Akhirnya balik ke Hongdae, buat pergi ke Coffee Prince. Ini juga lokasi syuting, yang saya gak tonton dramanya! Lokasinya deket banget sama hostel. Tapi harga menu lumayan mahal meski minumannya doang. Ya jelas sih agak agak di komersialisasi-in namanya juga spot terkenal. Orang-orang yang kesini juga kayaknya korban drama deh. Agak lama disana ampe udah jadi yang terakhir di cafenya itu, puas foto-foto dan yang punya tuh agak-agak cerewet dan insecure sama cafenya sendiri. Mungkin banyak kejadian yang merugikan dia kali ya, jadinya kita diceramahin terus.. Dan yang punya itu udah Harabochi Helmoni gitu agak tua hehe.



FEB 22.
LAST DAAAAY! Diliat-liat dari itinerary kayaknya masih banyak yang belom kesampean dikunjungin di Seoul. Ini itinerary kebanyakan saya yang susun sih, Wita tinggal join. Itu asiknya karena saya bisa atur enaknya kemana aja dan efektifnya gimana kalo ngeliat jalur keretanya. Hahaha. Niatnya masih pengen ke sebuah bangunan Buk Seoul Museum of Art, kayaknya asik arsitekturnya dan ada kan di Archdaily, tapi lokasinya aja jauh banget, sejam sendiri one way. Jadi harus dicoret dari list, karena saya bilang mendadak mau ke YG yang ternyata lokasinya cuma beda 1 station dari Hongdae.

Sebelum pergi, nitip tas di stasiun, salah paham kirain seharian nitip bakal habis 4.000 Won aja, ternyataaa itu per 4 jam, akhirnya endingnya kita habis 12.000 Won yang bakal dishare berdua, lagi-lagi udah seharga hostel... Kurang matang emang rencana nitip tas di loker ini..

Nyampe YG, itu sepi masih jam 9-an kayaknya. Katanya orang Korea bangunnya suka siang-siang. Jadi mungkin wajar kalo jam 9 itu jelas belom rame. YG bangunannya aja udah unik, lebih ngartsy dan kayaknya didesain arsitek hahaha. Tanpa bekal pengetahuan tentang artis dan manajemennya, saya ngasal aja sebenernya kesini, siapa tau ketemu siapa gitu yang kenal.. Eh, nyampe-nyampe cuma ketemu 1 oppa-oppa wangi yang kayaknya sih artis tapi nggak kenal, ketemu lagi 1 oppa yang mukanya mulus, itu jelas banget sih artis, tapi lagi-lagi.... Nggak kenal. Fix termasuk saya & wita udah cukup ngelewatin aja entah dia siapa, tapi tetep yakin itu kayaknya artis. Hahahaha.

Lanjut dari YG ke Bukchon Hanok Village. Karena pas hari pertama itu kayaknya salah spot itu bukan Bukchon yang sebenernya ada di poto-poto orang. Dan ternyata emang kita salah dari awal itu, yang sekarang ini baru bener. Akhirnyaaah. Udah ikutin buku panduan explore Seoul itu udah aman deh informatif banget.

Kelar dari Bukchon kita ke KTO, karena Wita blm ke Chongyeocheon yang sebenarnya dan nyobain Hangbok, ternyata karena itu Sunday, banyak yang tutup fasilitas Hangboknya, selain ada 1 tempat di daerah Myongdong yang buka. Jalan kakilah kita kesana, sampe salah info akhirnya jalan-jalan agak nyasar jauh. Tapi endingnya nyampe juga sih. Dan ngantri sampe sejam itu parah.. Akhirnya makan siang dulu. Disitu ketemu anak UI yang stay di Australia dan solo travel akhirnya barengan makannya. Akhirnya setelah itu udah cukup sore, kita masih banyak spot yang harus didatengin.. Buru-buru ke 63 Building. Niat mau masuk ke observatory, tapi cukup mahal diatas 10.000 Won tiketnya dan udah kesorean, jadinya cuma menginjakan kaki doang.

Setelah dari 63 masih harus ke daerah Gangnam-gu. Tapi terjadi keribetan di transport buat naik bis dan ganti kereta dan transit-transit ribet akhirnya itu nyampe Gangnam udah kesorean banget. Cuma sempet ke daerah Apgujeong, itu sih emang cuma strolling liat2 SM Entertainment yang lagi renov bangunan, lewat Cube Entertainment, dan harusnya lewat JYP tapi nggak tau kemaren nggak nemu. Lagi-lagi ketemu idol, yang banyak fangirl-nya stalking atau emang nungguin di Dunkin Donut sekitaran situnya. Gile, kalo nggak kenal itu artis siapa ribet ye emang hahaha agak useless dah niat niat kesana.

Dan itu udah sore, buat balik ke Hongdae udah sejam sendiri dan harus segera ke bandara kan! Udah relain ga belanja, soalnya lagi rempong sendiri ngejar jadwal-jadwal keretanya. Oleh-oleh belom beli, niat beli di bandara, ternyata nyampe bandara aja udah mepet waktu boarding! Itu parah sih.... Malah hari terakhir rempong >,<

Duit nyisa aja sampe Kansai, malah dituker lagi ke Yen, yaudahlah..... Di Kansai udah tepar, tidur lagi yang ketiga kalinya bermalam di bandara. Dan liburanpun USAI! Kesan tentang Korea ya gitu, saya sih seneng sama Korea, tapi kalo dibandingin sama Jepang, kenyamanan, kebersihan, ketertiban, itu lumayan jauh sih jomplangnya. Japan is still best in those things! Tapi yang paling mencolok sih tentang orang-orangnya. Di Korea orang-orang lebih ekspresif, dan lebih sering kelihatan ketawa bareng entah sama keluarga, atau teman atau pacarnya. While in Japan, keliahatannya orangnya lebih serius dan keliahatan lebih stress dan tertekan. Hahaha itu sih pandangan saya. Kalo nyari hubungan yang asik di Korea lebih enak, kalo nyari kenyamanan di Jepang lebih enak, tergantung aja. Apalagi kalo nyari transport dan oleh-oleh murah, Korea lebih asik! 





No comments:

Post a Comment