Wednesday, November 19, 2014

Nakanoshima Area + Tenjinbashi Area

Jadi sudah jauh-jauh hari saya nyatet sebuat note, bahwa pada tanggal 15 Nov kita bisa di-admission free-in kalo pergi ke National Museum of Art di Nakanoshima. Jadi aja, karena sudah tiba waktunya, saya memutuskan untuk pergi ke Nakanoshima.

Pergi ke Nakanoshima adalah kali kedua saya, karena pertama kali kesana waktu join acara WWIM10, dan waktu itu emang belom sempet mengekslor lebih jauh ada apaan aja di Nakanoshima ini. Setelah dari sana baru juga tau itu itu itu bangunan apa aja, dan ada apa aja selain di situ. Akhirnya dengan persiapan yang agak lebih matang, karena saya udah ngelist bisa kemana aja seharian itu huahauhaha. Tapi sayang banget, kuota paket data saya habis. Wah untung udah ampir 2 bulan disini, kalo masih awal2 ga bisa buka google maps pasti kelimpungan setengah mateng.

Akhirnya, baru berangkat jam 1! Karena sedari pagi hawanya terlalu dingin buat beranjak keluar dari kamar. 7 DERAJAT MAN! Ah, biar aja lo bilang gue cupu, orang Indonesia disuruh dingin-dinginan emang kesenengan, tapi kalo 7 derajat cyin, mending nyuruh orang2 Jepang/Eropa berjemur matahari sepanjang tahun di Indonesia deh! Tapi sejauh ini ya gue selalu mencari celah untuk bertahan, alias karena cepet laper mau nggak mau harus apa? Ya makan lah. It's not an excuse, but it's true!

Ah, kembali ke topik. Setelah mencatat rute perjalanan sampe data budget dan lain-lainnya tibalah saya di Nakanoshima. Rute pertama adalah Minamisenri - Kitahama (400yen). Dari situ jalan aja ke Nakanoshima Park. Di Nakanoshima, saya memutuskan untuk nggak mau lama-lama, karena itu emang cuma berbentuk taman, yang lagi rame karena ada sebuah event, dan banyak bunga-bunga mawar bermekaran. Tamannya terawat banget, saya sempat liat beberapa gardener merapihkan rumput & merawat bunga-bunga. Di Jepang kayaknya banyak gardener dipekerjakan secara manusiawi, meski kerjaannya cuma merawat rumput atau bahkan memotong dahan-dahan ranting di pohon di pinggir jalan.

Beranjak dari Nakanoshima Park, saya berjalan ke arah barat, dan melewati rute yang sama sebenarnya dengan WWIM10 kemarin. Karena kemarin belum sempat foto, hari ini saya sempatkan foto beberapa bangunan seperti Central Public Hall & bangunan-bangunan di sebelahnya yang tampak bergaya indische dan kebarat-baratan yang mungkin memang cukup hits di zamannya, seabad yang lalu. Kayaknya daerah Nakanoshima ini banyak saksi sejarah arsitektur bergaya western yang waktu itu berjaya-jayanya. Mana ditambah lagi daerah Nakanoshima ini semacam diapit dua sungai di utara & selatannya, jadi kayak pulau sendiri gitu. Agak agak waterfront juga tapi kayaknya lebih fokus jadi area bisnis, soalnya di Nakanoshima kebanyakan isinya kantor-kantor gitu sih, jadi kayak CBD-nya Osaka gitu.

Move on dari situ, lewat Festival Hall-nya Nikken Sekkei. Mampir lagi juga bentar ke tempat yang sama pas WWIM10. Beda bener rasanya photowalk bareng orang-orang sama sendirian. Kadang saya sih merasa jalan sendiri lebih enak kalo mau observe yang berbau bangunan-bangunan gini, takut mau ngajak orang. "Eh pergi yuk" "Kemana?" "Hunting bangunan arsitektur". Nah, ini relatif banget kan lanjutan percakapannya hahahah jadi karena saya terlalu overthink takut ditolak kayaknya mending jalan sendirian dulu aja cyin. Untungnya kalo jalan sendiri, bisa terserah kita nentuin mau kemana, dan mau berapa lama, dan mau mampir mana mana lagi tanpa ngerepotin orang lain, tanpa harus ngerasa takut nggak enakan. Tapi kadang rugi juga kalo sendiri, kadang suka tau-tau terlena berlama-lama di suatu tempat, padahal masih banyak yang harus dijelajahi. Ya kayak hari ini, ternyata masih belum memenuhi ekspektasi.

Habis dari Festival Hall langsung menluncur nyari National Museum of Art yang bersebelahan juga sama Osaka Science Museum. Karena tau gratis tanpa mikir langsung masuk ke museum-nya. Awalnya kirain ini cuma sculpture doang dari luarnya karena agak-agak figuratif ala sculpture hahaha, ternyata museumnya underground gitu. Museumnya pamerannya macem-macem, tapi yang gratis cuma beberapa spot doang. Akhirnya liat-liat galerinya, ada lukisan & beberapa photograph juga beberapa instalasi. Sayang ga bole dipoto, keren-keren tapi jadi mengingatkan saya pada pameran-pameran seni di Jogja, jelas gak kalah keren, bedanya kalo di galeri di Jepang kayaknya ketat banget dijagain di setiap sudut selalu ada petugas berseragam hitam (mengherankan... merasa terintimidasi).

Tak lupa liat-liat toko souvenir, dan paling penting liat koleksi kartu pos. Hahahaha. Bukan buat dikirimin ke orang, kalo sekarang karena konteksnya seni jadi nyimpen ah buat sendiri.

Setelah itu langsung caw ke sebelah, Osaka Science Museum. Ini semacam PP IPTEK-nya TMII di Indonesia. Tapi menurut saya lebih keren PP IPTEK! Soalnya masuk-masuk kan langsung disambut sepeda yang jalan di tali itu lho, itu berkesan banget kalo buat saya. Nah disini nggak tau nggak terlalu berkesan karena mungkin sistemnya terpisah jadi beberapa lantai2 berbeda, sedangkan kalo di Indonesia sistem sirkulasi vertikal kan minim banget taunya dimana-mana sebuah bangunan cuma 1, luas dan gak pakai naik lift naik tangga turun tangga turun eskalator.

Nah, masuk museum ini juga gratis kan, tadinya saya mau pakai previllage booklet diskonan mahasiswa, tapi ternyata hari ini juga free admission di museum ini, saya jadi bertanya-tanya ada apakah dengan hari ini? Hahahahaha. Nah, di museum ini selain ada PP IPTEK, ada juga planetarium dan saya baca dari sebuah sumber katanya planetarium disini termasuk yang cukup besar di dunia! Tanpa pikir panjang saya beli tiket untuk masuk ke planetarium. Anyway, pergi ke planetarium, saat di Indonesia adalah sebuah kegiatan yang paling saya banggakan. Saya suka banget planetarium (meski sebenernya baru 2 kali ke planetarium). Jadi kayaknya karena diiming-iming planetarium yang keren di jepang ini, saya berkekspektasi cukup tinggi.

Yang ternyata bentuk planetariumnya beda sama di Indonesia, malah keliatannya kayak setting seat-nya IMAX TMII. Cuman layarnya dome gitu aja, Langsung ambil seat paling atas belakang (karena biar nggak ndangak terlalu lebay dan bisa nikmatin 360 derajat lebih maksimal). Dan baru nyadar kalo narator-nya ngomongnya pastilah cuma pake bahasa Jepang! Ya ampun, 450yen! Udah ndusel bete nggak ngerti dia ngomong apa, ternyata interface & narasi yang disajiinnya juga nggak menarik. Banyak denger orang nguap & kayaknya orang samping saya sampe tidur! Tapi saking mahal-nya harus keluar duit, saya berusaha banget nggak tidur, meski udah nguap berlinang air mata. Hiks. Malah kecewa. Udah, masih mending Planetarium TIM lah.

Pertunjukan gitu aja berlangsung 45 menit. Dan kebanyakan malah ngomongin satelit, dibandingin bintang-bintang. Hiks. Dan keluar-keluar ternyata udah gelap sodara-sodarah! Kelemahan untuk mengatur waktu, harusnya emang di musim kayak gini jam 5 udah gelap, udah Magrib cuy. Padahal masih harus ke beberapa tempat yang dijadwalkan.

Tadinya berniat ke Osaka Convention Center-nya Kisho Kurokawa dan ABC Hall-nya Kengo Kuma, tapi pas WWIM10 udah pernah lewat, dan emang udah kemaleman, karena selanjutnya masih bakal pergi ke spot berikutnya akhirnya jalan deh ke daerah tenjinbashi. Nah di tenjinbashi, selain mau liat shopping street yang katanya terpanjang di Osaka, mlipir dikit ke deket Osaka Tenmangu Shrine, karena mau lihat Kamigata Rakugo Acs. Hall yang didesain sama Tadao Ando. Niatnya dateng pas masih terang, tapi apalah daya, dan bangunannya emang nggak terlalu di gembor-gemborin kaya karyanya Ando yang lain, jadi kayaknya nggak usah terlalu sedih. Bangunannya masih dipakai, lantai satu-nya masih ada orang yang kerja juga padahal hari itu malam minggu.

Niat mampir ke Osaka Tenmangu Shrine juga gagal karena udah gelap jadi tutup deh, tapi masih bisa lewat sih, dan kayaknya juga gak terlalu impresif dan lagi renovasi dan banyak stall jualan orang yang ditinggal karena udah jam tutup. Sekarang saking banyak udah liat shrine dan temple, sekalinya ada yang lebih bagus, jadi biasa aja kalo ngeliat yang gak lebih wow. Hahahahha, gaya betul.

Akhirnya melipir satu gang sebelahnya, udah masuk Tenjinbashi-suji. Known to be the longest shopping street in Japan! Takes about 40 minutes to walk from end to end. Tapi pas lewat sini udah banyak juga tuh toko toko yang tutup. Kenapa sih? Padahal kan malam minggu.. Tapi toko-toko disini emang beda sih kalo dibandingin sama Shinsaibashi, ya susah nemu yang bermerek atau terkenal, beberapa toko kaya semacam toko biasa yang biasanya saya temui di Shinsaibashi Apa itu juga ya faktor yang bikin tempat ini sepi? Perlu diteliti tuh! Hehehe. Saya sempat masuk beberapa toko yang menarik, dan bahkan beli Misudo (Mister Donut) mumpung lewat.

Sampai di ujung shopping arcade juga akhirnya, dan pas banget ada stasiun subway deket situ. Dan cuma habis 220 yen doang, kok beda banget ya sama pas berangkat sampe 400 yen padahal kan ga terlalu jauh kayaknya jaraknya, bedanya bisa sampe hampir 2kali lipatnya gitu.