Thursday, October 6, 2016

#MrsFatmoko Cerita 3 : Persiapan Pra-Nikah



Kali ini aku mau ceritain tentang Persiapan Pra-Nikah, yang tentunya nggak kalah merepotkan dibandingin persiapan vendor.

#1 Persiapan KUA
Ini hal penting yang baiknya disiapin jauh-jauh hari sih biar tenang, karena kan di undangan udah tercetak tanggal dan jam akad, jangan sampe udah sebar undangan tp ternyata nggak ada penghulu yang available buat acara nanti, kan berabe ya intinya disitu.

Untuk hal ini sebenernya aku pakai petugas RT yang udah sering urus hal begitu. Biasalah, tarif utama yang katanya 600K harus ditambah biaya ini itu akibat birokrasi. Di beberapa tempat ada yang bilang ngga ada tarif untuk Penghulu, tapi ya masih lah di beberapa tempat lain ada penghulu yang bertarif ada juga yang minta seikhlasnya. Di acaraku Penghulunya mentarifkan 250K. 

Untuk nyiapin berkas persyaratan yah seperti biasalah, tapi sampe hari H aku belum nyerahin pasfoto. Aku udah tanya berulangkali ke ortu juga untuk tanyain ke petugas RT, dijawabnya cukup dibawa hari H karena nanti ditempel dan di stempel langsung di hari H. Yah, aku percaya aja dong dan bawa pasfoto di hari H.

Singkat cerita yah, akadku udah berlangsung. Aku lagi proses dipingit, jadi baru keluar setelah proses ijab qabul. Karena katanya hari itu penghulu ada 7 acara berurutan dan akadku yang duluan, penghulu kayak tergesa-gesa nyuruh kita tandatangan berkas dsb. Trus langsung deh prosesi foto buku nikah. Sama sekali nggak kita cek isi buku nikahnya. Ajaib, ternyata pas aku pulang dan aku mau liat kayak gimana sih buku nikah itu, fotonya salah orang..

Mana besoknya aku ada acara di rumah mertua #cie, dan kantor KUA juga baru buka senen ya, yaudah langsung ngibrit dari Bekasi ke Cimanggis hari Senen untuk minta benerin buku Nikah. Buku Nikah sekarang di laminasi gitu jadi harus di congkel laminasinya trus diganti fotonya. Duh gusti, langsung dimarain suami kenapa gak urus sendiri berkasnya :p seluruh berkas bener-bener ketuker sama foto orang lain yang aku juga gapaham itu siapa bukan tetangga juga. 


Semua pose yang buka buku nikah ini semua udah terlanjur dipoto gini padahal banyak yang bagusss




#2 Seserahan
Ini juga harus disiapin jauh-jauh hari, terutama modal belinya hahaha. Banyak budaya yang banyak perbedaan juga tentang gimana nyiapin seserahan. Namanya prosedur nikah sesuai budaya Indonesia sih ya, ini seserahan kayaknya mesti ada di rangkaian acara pernikahan. 

Umumnya seserahan buat cewek dikasih sama cowok. Kadang ada angsul-angsul balik. Kadang ada yang percaya isi seserahan harus komplit perlengkapan cewek dari ujung kaki ke ujung kepala. Kadang juga ada yang merasa seserahan wajib dari duit cowok untuk beli semuanya.

Nah, ini emang aku calon manten apapula nyebutnya ya.. ngawur-ngawur iseng. Aku kebanyakan buka pinterest dan lihat model Hantaran yang kayaknya banyak dipakai di daerah Malaysia gitu. Isinya nggak saklek kayak budaya-budaya Jawa, malah heboh isinya moso ada yang ngasih kamera, HP, Laptop hehe ya aku sih lihat model hantarannya aja soalnya lucu beda sama yang kebanyakan dipakai di Indonesia.

Akhirnya aku sama Indra cuma meniatkan beli beberapa barang, Al Quran, Mukena Sajadah, Kain, Make Up, Sepatu Casual & Sepatu Olahraga. Aneh? Ah, nggak aku merasa ini yang emang aku butuhin. Budget? Rajin-rajin liat promo, rajin-rajin kerja biar dapet bonus-bonus, jauhin gengsi beli merek tapi beli yang nyaman itu kuncinya. Yaa, rasa-rasa pingin beli yang kayak mumpung dibeliin itu sih, kadang bisa memicu oportunisme, hahaha tapi enggak lah, aku juga sebisanya deh bantu beli yang emang aku pinginin tanpa harus terlalu membebani Indra.

Dan, part rempong lainnya adalah, ketika aku pingin banget menghias seserahanku sendiri. Kapan dong waktunya? Ya, harus memang diluangkan gitu.. Kebetulan nikahan sepupuku di bulan Aprilnya melungsurkan kotak-kotak seserahan yang bisa kita pakai lagi, bukan bermaksud merasa kotaknya jadul ya tapi emang pingin iseng ngerombak kotaknya biar caem gitu gimana ala-ala pinterest.

Karena Ayahku masih merasa seserahan itu tanggung jawab cowok, padahal aku juga ikut berperan tapi nggak mau ketauan kan akhirnya aku spare waktu untuk beli peralatan dekor seserahan dan hiasnya di rumah Indra di Bekasi. Aku nyari peralatan dekorasinya sederhana sih cuma bunga artificial, jenis pita grosgrain, dan kain tile tutu di Pasar Pagi ManggaDua.

Selain seserahan, untuk kotak mahar aku juga iseng dekor sendiri, kebetulan aku pakai burlap, dan ngegabungin ide pop-up style gitu. 

Hias dekor seseahannya sendiri, puas gemes gitu~

Hiasan kotak mahar dengan kain burlap

Mahar saat akad <3 td="">





#3 Labeling Nama Undangan
Ini sedikit bikin stress sih. Ternyata setelah ngelist ulang daftar tamu undangan yang awalnya udah kita perkirakan, banyak banget yang ternyata belom masuk daftar. Jadi banyak diutak atik berkali-kali gitu sampe akhirnya banyak ngeprint, banyak nggak dipake dan ngeprint lagi deh. Aku prioritaskan Ayahku bisa undang banyak rekannya, sampe aku paling cuma minta beberapa undangan aja untuk sahabat dan rekan-rekan kantor. Tapi kadang ayah juga nyerah sih, banyak juga yang cuma diundang pake Whatsapp gitu akhirnya.

Lanjut tentang labelling namanya ya, ini sejujurnya aku bingung banget di awal aku minta Indra yang nantinya harus ngurusin masalah label nama, tapi pada akhirnya aku juga ngerjain itu dirumahku kan tanpa Indra jadi yaudah mesti bisa sendiri juga.

Aku ambil templatenya dari blog orang juga, jadi pakai Excel yang di Mail Merge ke Ms. Word gitu. Ini link yang aku pakai untuk tutorialnya : https://smserwan.wordpress.com/print-label-undangan-tom-jerry-sendiri/

Untuk desainnya aku sedikit utak atik, fontnya juga sih, tapi beberapa orang bilang fontnya susah kebaca, akhirnya balik ke font biasa aja hahaha

Pemilihan font untuk label ala Handwriting atau jenis Serif yang gampang dibaca
*namanya contoh aja sih 





#4 Foto Prewedding
Ini maksudnya bukan mau ngomongin kali aku itu ada acara prewed, boro-boro yes. Keinginan sih ya jelas ada ya, tapi ntah waktu dan budget yang nggak ada. Nggak salah kalau emang keinginan prewed dilaksanakan jauh-jauh hari, jadi nggak ada alasan kalau waktunya udah keburu mepet alias kalau alasan aku aku mau diet dulu sebelum prewed, eh malah ndilalah nggak kesampean dietnya sampe hari H juga nggak kesampean prewed yang sesungguhnya.

Sebelumnya, aku udah ngumpulin beberapa foto jadul sampe foto terkini, niatnya juga buat dipajang gitu biar sweet. Tapi ada rasa geli-geli juga mau pasang foto banyak-banyak, entahlah untuk acara nikahan ini aku kayak nggak kepingin banyak ekspos foto, baik di undangan maupun di acara.

Sampe menjelang hari H, aku gagal diet hahahaha. Tapi untuk dekor kan disediain 2 standing foto ya, aku pikir eman juga kalau nggak dipake. Jadi mikir 2 foto buat ditampilin apa ya.. Akhirnya satu foto cuma dari foto selfie pas jalan-jalan ke Kota Tua setelah belanja perintilan dekor seserahan, foto satu lagi baru kepikiran gitu bikin Welcome Sign gitu, fotonya baru aku suruh bikin pas ke Chikal kita pulang kerja, aku baru order bunga artificial gitu karena kemarin stoknya kurang buat bikin seserahan, jadilah maka terjadilah foto-foto berikut:

Welcome sign board. Edit kilat foto seadanya.



Kalo banyak yang perhatiin kualitas cetaknya pecah, itu emang fotonya yang pecah
karena cuma pakai kamerah HP maapin ya


Untuk frame & cetak aku ke MariPro Kober Depok. Ukurannya aku lupa tapi kayaknya lebih dari 40 x 60 cm soalnya cuma nunjuk contoh foto dan bingkai yang ada sih. Harga frame tanpa kaca dan cetak laminasi doff sekitar 160K dan bisa kelar dalam 2 hari gitu.





#5 Cari Bahan 
Ini perintilan yang nyenengin sih, karena seger mata ini ngelihat kain-kain bahan yang cantik-cantik, meski hanya belanja di pasar tapi di Pasar Tanah Abang oke kan untuk harga & kualitasnya hehe. Pas cari bahan aku bareng Indra, Ibunya Indra sama Adiknya Indra. Kita memang berencana cari bahan kebaya Ibu & sodara kandung. Kalo digabung jadinya kita harus nyari untuk 5 orang nih, 2 Ibu sama 3 adik cewe. Karena udah memutuskan nyari yang bertema gold sesuai nuansa dekor jadi terbelilah kain warna Gold Pink. 

Selain untuk keluarga, zaman sekarang lagi kekinian banget lah ya budaya Bridesmaid. Aku awalnya udah bersikeras untuk nggak beli, karena udah dipikir berkali-kali pun rasanya untuk di budaya kita bridesmaid ini lebih ke nggak sefungsional tugasnya di luar negeri. Setahuku setelah melakukan sedikit research, bridesmaid itu tugasnya rempong banget loh udah kayak WO malah repotnya jauh-jauh hari kan kalo WO saat hari H doang, pokoknya bridesmaid ini juga kayak tim sukses gitu lah untuk acara nikahan luar negeri. Nah kalo di Indonesia? Sebagai simbol eksistensi kalo boleh dibilang, menujukkan siapa sih sabahat-sahabatnya yang nikah? Karena bisa ketauan karena bajunya pasti sama pas dipake ke nikahan. 

Ets, kenapa jadi bumerang ya aku nggak suka konsep bridesmaid-bridesmaidan gini tapi aku tetep beliin buat sahabat-sahabatku? Jadi emang di lingkaranku 4/5 udah pasti dalam lingkaran nikahan yang juga ngasih aku bahan untuk jadi bridesmaid jadi aku beliin mereka juga deh (biar ada warna yang menyatukan gitu katanya), terus karena sahabat SMAku aku kasih, ini sahabat masa kini aku beliin juga (setelah menimbang berat-berat jumlah yang pas siapa aja yang mesti dikasih hahaha). Aku beli bahan semacam ceruti (tapi bukan ceruti gitu lebih tebel dikit dan kaku dikit). Dan biar nggak mudhorot konsep bridesmaid, aku print aja kalimat-kalimat yang bisa jadi jobdesc mereka buat aku HAHA nggak mau rugi kayak kalimat "Will you calm me down when I want to be a bridezilla?"

Bahan seadanya, kemasan plastik, dibungkusnya aja biar lucu <3 td="">




#6 Pencarian Kontrakan
Ininih kompor gas paling utama yang aku sama Indra deg-degan banget nentuinnya. Yadong, karena kita berdua sama-sama commit untuk nggak tinggal dirumah orangtua setelsh nikah. Sok gaya? Biaaaar. Karena kita mau belajar mandiri dan ngerasain suka duka kehidupan setelah nikah berdua. 

Pertimbangannya tentu lokasi dan biaya. Saat itu aku kerja di Fatmawati, dan indra kerja proyek di Bogor. Sempet galau gitu pingin banget tinggal di apartemen di Taman Melati Margonda, karena strategis gitu dari stasiun dan dari lokasi keduanya. Udah beberapa kali pantengin OLX dan survey langsung ke apartemennya. Ya Allah, kepingin gitu lah tapi emang untuk studio kecil harga perbulan sampe 3 Mio itu gimana masuk diakalnya ya pemirsah untuk cabe rawit macam kita yang baru juga mau disapih tapi tagihan bulanan aja udah nguras setengah biaya hidup, belum lagi biaya bulanan lain servis air listrik hasemeleh hasemeleh. Kapan nabungnya?

Opsi apartemen kita coret, meski sedih-sedih gitu. Sebenernya kalau dipaksain ya bisa jadi terjadi sih, tapi konsekuensinya terlalu besar, kan pasti banyak pengeluaran lain ya nanti untuk biaya after married gitu. Kita cari kontrakan deh akhirnya, dari lokasi yang menuju jakarta, sampe akhirnya melipir di pinggiran jakarta, sampe melipir hampir Bogor wkwkwk.

Nah ini yang kita lupakan, untuk kontrakan biaya yang harus disiapin cukup gede lho ternyata karena harus bayar untuk setahunan gitu paling nggak. Tabungan berdua langsung ludes dan harus minta tambahin ortu dulu deh. Kalau mau yang bayarnya per bulan cuma bisa kost, tapi mosok ngekost gitu ya aku rada nggak suka konsepnya karena aku males berkeliaran cuma ke dapur ato cuma ngapain harus pake kerudung pinginnya udah yang ada kamar mandi dan dapur gitu. Akhirnya ya tetep nyari kontrakan, Alhamdulillah ketemu calon rumah yang sreg yang bakal ditinggali di daerah Cilebut. Rumah di perumahan gitu, eh udah dikasih furnish juga jadi nggak perlu persiapan nyiapin beli bed, lemari, kulkas, mesin cuci, tv, karena kontrakannya udah ada isinya hehe Alhamdulillah masih masuk kantong juga lah untuk ditabung gitu.

Place to call home, yes? :)





#7 Rangkaian acara Pra-Nikah
Akhirnya menjelang acara Nikah, 2 mingguan sebelumnya aku udah nyiapin buku Panduan Pernikahan gitu isinya sebenernya cuma rundown acara sama pantia yang terlibat aja sih.

Jadi untuk acaraku ini pertama-tama rapat pembentukan panitia, dilanjut acara H-2 yaitu pengajian, H-1 Seserahan, hari H akad dan resepsi, dan H+1 acara temu besan di Bekasi. Dilihat-lihat badan ini harus siap ya diterpa agenda padat selama 4 hari. Ditambah aku ada agenda tambahan, yaitu jemput keluarga HostFam Jepang aku pas di Osaka.

Keep calm, karena belom ada agenda perawatan.. Akhirnya setelah merengek-rengek ada beberapa jam sebelum acara pengajian aku ke salon cuma sempet MeniPedi. Masih lumayan daripada manyun. Cuma muncul sebentar pas pengajian, setelahnya aku caw ke bandara bareng adik aku untuk jemput HostFamku. 

Aku seneng banget mereka bisa menyempatkan dateng khusus untuk acara nikahanku. Karena katanya dia mau ke Indonesia kalo aku nikah gitu, yaudah aku undang aja. Aku reservasi hotel yang deket dari venue dan dari rumahku biar gampang, di Margo Hotel, setelah jemput kita makan dan ngobrol sebentar dan aku minta maaf banget cuma bisa ngobrol hari ini karena pasti besok sampe mereka pulang aku sibuk gitu. Belom juga perpisahan, mereka langsung kasih oleh-oleh duluan takut nggak sempet ngasihnya. Ya ampun aku feel blessed banget bisa silaturahmi yang sampe segininya lintas negara.

Muka kelelahan kena macet dari CGK-Depok jam pulang kantor :(


Amplop nikahannya lucu bangetttttt

Terus dilanjut H-1 itu hari Jumat, acara Seserahan bada Jumatan. Ini dilangsungkan awalnya usul keluarga Indra karena nggak mau buru-buru banget itu di hari Sabtu nanti benda seserahannya juga bingung bawanya ke rumah, juga karena semua keluarga termasuk yang dari luar Jakarta kan udah pada ngumpul hari Jumat, jadi sowan sekalian biar tau rumah aku. Seserahan aku nggak undang temen, padahal aku nggak ada yang make up atau bikinin hijabnya. Aku berusaha sendiri makeup-nya dan hijabnya, ini kayaknya kesuksesan terbesarku dalam sejarah make up sendiri deh.

Nggak menor, kontur idung juga serem, hijab ngga tau model apa hahahaha


Malamnya, keluarga Indra menginap di Wisma UI, mencegah hal-hal yang nantinya bisa menghambat prosesi akad kan, saking pertama dapet jadwal dari penghulu, kita terus-terusan diwanti-wanti jangan sampe telat. Cerita acara hari H aku bahas terpisah ya..

Setelah capek berat di hari H karena acara di gedung dari jam 10 sampe hampir jam 3, Indra nginep di rumah aku terus besoknya lanjut acara temu besan di Bekasi. Disini aku nggak nginep di rumah Indra karena masih banyak saudaranya nginep akhirnya kita dikasih previlage nginep di kamar Apartemen Bekasi yang biasa disewa harian gitu. Kasur empuk, hamdalah banget untuk rebahan dan bobok nyenyak.

Ini baru deh jadi hari Senen H+2 niatnya emang untuk pindahan, tapi harus ke KUA dulu ngurus buku nikah yang salah itu hehehe. Cuti sehari itu kayaknya juga belom cukup untuk jadi kembali seger ya, kayak masih pingin leyeh-leyeh istirahat.



Bersambung untuk simak cerita selanjutnya tentang acara hari H:


1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete